TrendWatch

Tangkap Virus Tanpa Update

Apakah anda mengetahui teknologi "heuristic" pada antivirus Anda? Heuristic adalah fitur dimana sebuah antivirus akan mampu menangkap virus tanpa harus diupdate sekalipun karena antivirus mengenalnya sebagai virus melalui ciri-ciri perilakunya, bukan berdasarkan database. Namun, teknologi ini boleh dibilang "gagal" karena banyak sekali antivirus yang heuristicnya "kurang cerdas" dan sering salah menangkap (false alarm) ataupun sebaliknya, tidak menangkap-nangkap, kecuali yang satu ini...
ThreatFire, itulah namanya antivirus khusus ini. Karena memang
benar-benar diciptakan khusus untuk mendeteksi secara behavioral, antivirus ini memiliki kemampuan heuristic lebih tajam daripada antivrus biasa. ThreatFire mengklaim bila dirinya digabungkan dengan TrendMicro, hasil deteksi meningkat hingga 243%! (lihat tabel). Sepertinya kemampuan ThreatFire benar-benar sudah dirancang sebaik-baiknya hingga secara umum, proteksinya sangat baik. Saya yang menguji pun salut karena mampu menyetop virus yang Bitdefender Antivirus 2010 saya tidak deteksi.
Sayangnya, performa PC menurun drastis. Waktu mengcopy-paste file, kecepatan hanya dalam hitungan ratusan kb/s saja. Saran saya, bila sedang melakukan kegiatan berat, matikan terlebih dahulu. Namun, bila Anda mencolokan flashdisk, atau berselancar di dunia maya, jangan lupa aktifkan ThreatFire. Bila Anda masih ingin menggunakan antivirus khusus namun, tidak memberatkan sistem, bisa mencoba Mamutu, super ringan namun tidak ada seri gratisnya.
Info lebih lanjut tentang ThreatFire klik di sini

0 comments:

Post a Comment