TrendWatch

Tips Merawat Laptop

Laptop sudah bukan barang mewah lagi sekarang, banyak pengguna mengalihkan pandangannya dari desktop ke laptop, sayangnya tidak sedikit pula yang tidak mengetahui cara yang benar dalam merawat laptop kesayangan mereka, padahal carnya sangat mudah dan simpel.
1. Selalu Gunakan Coolpad
Panas merupakan musuh utama laptop. Tingginya suhu yang dihasilkan bahkan mampu membuat kaum pria mandul bila terlalu lama menggunakan laptop di bagian paha mereka. Panas yang dihasilkan mampu mengurangi umur hardware Anda secara drastis. Oleh karena itu, coolpad bisa menjadi solusi terbaik. Pilihlah coolpad dengan minimal 2 kipas. 3 kipas sangat bagus namun cek pula anginnya. Bila anginnya terlalu pelan, pilihlah merek lain. Coolpad yang ekonomis pun tidak masalah asalkan memang mampu mengusir panas laptop Anda.

2. Jangan Digunakan diluar Kemampuannya
Anda hanya membeli sebuah netbook 4 juta dan berharap mampu bermain game berat Crysis meskipun dengan settingan low? Bila Anda membeli laptop, Anda juga seharusnya tahu fungsi terbaik untuknya. Laptop 4 jutaan akan sangat cocok untuk browsing dan mengetik, bukan bermain game berat. Memaksakan laptop bekerja diluar batas meningkatkan resiko kerusakan hardware baik karena panas yang tinggi dan penyebab lain. Belum lagi sistem Anda bisa hang, macet, dsb.

3. Hati-hati dengan Baterai
Baterai merupakan komponen penting di laptop. Baterai juga “rapuh” karena ada beberapa kejadian berawal dari kerusakan baterai. Oleh karena itu, untuk menjaga kemampuan baterai selalu prima dan agar tidak mudah drop baterainya, ikuti tips-tips ini:
~ Jangan cabut baterai laptop kecuali tidak akan digunakan selama lebih dari 2 minggu.
~ Jangan mengecharge isi baterai bila isi baterai belum benar-benar habis.
~ Jangan dikenai air, jangan pula sampai jatuh.
Bila baterai tidak dalam kondisi prima, misalnya bolong atau yang lainnya. Jangan sekali-kali digunakan terlebih dahulu karena bisa meledak. Kosultasilah terlebih dahulu dengan teknisi vendor terkait.

4. Rajin-rajin Merawat Performa
File yang terdefragment, banyak file sampah seperti temporary file, cookie, invalid registry hanyalah sampah data yang membuat laptop menjadi berat. Rajin-rajinlah merawat peforma laptop dengan tool-tool seperti TuneUp Utilities, atau System Mechanic.

Masih banyak lagi tips-tips yang merawat laptop kesayangan Anda yang bisa ditemukan di buku panduan/manual penggunaan. Biasanya, info yang bisa Anda baca lebih akurat karena langsung dari vendornya. Buka-buka buku manual ya!

0 comments:

Post a Comment